Bukan Cuma Kurang Tidur, Sering Capek Bisa Jadi Akibat Salah Memilih Gula

2018 Nov 05

Di internet, banyak beredar informasi tentang penyebab diabetes dan kegemukan. Dalam hal ini, gula dan karbohidrat olahan seringkali menjadi kambing hitam terbesarnya. Tidak berhenti sampai di situ, gula dan karbohidrat juga sering disebut-sebut sebagai penyebab dari munculnya rasa lelah secara terus-menerus.

Benarkah demikian?

Tentu saja tidak bisa menyimpulkan semudah itu. Lelahnya tubuh kita tidak selalu dipengaruhi oleh gula.

Penelitian membuktikan bahwa kelelahan bisa jadi akibat kekurangan jam tidur dan masuknya sejumlah virus ke dalam sistem kekebalan tubuh kita. Selain itu, gula tidak bisa dijadikan kambing hitam utama, sebab situs kesehatan seperti KlikDokter sendiri menjelaskan bahwa gula sangat penting bagi tubuh dan hanya konsumsi yang “berlebihan” yang bisa memicu penyakit.

 

Robyn dari Men’s Health bahkan menyarankan kita untuk menghindari makanan-makanan yang mengandung fruktosa, tepung putih, atau minyak terhidrogenasi dalam kadar tinggi. Ya, hanya disuruh menghindari makanan manis dalam kadar yang tinggi. “Selain merusak kulit, (terlalu banyak) makanan dan minuman manis bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda mudah lelah,” kata Robyn, seperti dikutip Men’s Health.

Jadi, apa sebenarnya penyebab tubuh cepat lelah?

Berikut adalah beberapa faktor yang kemungkinan besar membuat tubuhmu menjadi cepat lelah, di antaranya adalah:

 

  1. Tidak cukup tidur

Orang dewasa seharunya membutuhkan tujuh hingga delapan jam sehari untuk tidur. Cepat lelah dan mudah mengantuk bisa jadi akibat kamu kekurangan jam tidur yang berkualitas. Hati-hati, karena lemas akibat kurang tidur ini bisa jadi awal mula dari datangnya penyakit-penyakit yang lebih besar.

 

  1. Anemia

Anemia berarti kekurangan darah. Biasanya terjadi kepada wanita, khususnya pada masa-masa menstruasi. Ketika terjadi anemia, tubuh akan terasa lemas dan cepat lelah. Sebab, tubuh kita pada dasarnya sedang kekurangan sel-sel darah merah yang sangat diperlukan tubuh untuk oksigen ke jaringan dan organ.

 

  1. Salah memilih gula

Gula adalah salah satu elemen yang sangat dibutuhkan tubuh, sehingga kita perlu tetap mengonsumsinya dalam kadar proporsional. Untuk menghindari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh gula, salah satu caranya adalah dengan memilih gula yang berkualitas baik. Memilih gula yang salah justru akan melemahkan sistem kekebalan tubuh kita.

 

Kamu bisa mengganti gulamu dengan Diasweet agar keseimbangan gula dalam tubuhmu bisa tetap terjaga. Selain itu, kandungan Diasweet yang baik juga akan mengurangi risiko terkena penyakit diabetes.

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014