Hobi Ngemil, Ini 4 Cara Mudah Biar Kebiasaan Makan Kecilmu Tetap Sehat

2018 Oct 16

Banyak orang berkata bahwa sering ngemil dapat membuat tubuh kita menjadi gemuk. Pendapat ini tak sepenuhnya salah, namun juga tak seratus persen benar. Sering ngemil tidak menjadi jaminan akan membuat tubuh kita menjadi gemuk, karena faktanya terdapat pula berbagai jenis cemilan sehat yang aman dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalankan program diet.

Meski demikian, jangan sembarangan juga. Kamu harus mengetahui cara ngemil yang benar, waktu dan porsinya, serta jenis camilan apa yang akan kamu konsumsi. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan dan berat badan yang ideal.

Berikut ini adalah beberapa jenis camilan pengganti bagi kamu yang pengen banget ngemil dan tetap sehat. Siapa bilang ngemil tidak bisa sehat?

  1. Ganti keripik pisang dengan buah pisang

Rasa yang gurih dan manis serta teksturnya yang renyah memang menjadikan kripik sebagai camilan yang sangat sulit untuk kita tolak. Namun, ada baiknya jika kita mengganti kripik dengan dengan buah-buahan asli untuk mengurangi kadar kalori dan juga kolestrol jahat yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Kombinasikan kripik kentang/singkong dengan apel

Apel memang buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ketika kamu sedang melakukan program diet. Karenanya, kamu bisa mengimbangi camilanmu dengan buah apel. Jika kamu terbiasa mengkonsumsi satu mangkuk keripik setiap hari, kurangi menjadi setengah mangkuk, kemudian diimbangi dengan sebuah apel.

  1. Ganti gorengan dengan kacang-kacangan

Gorengan adalah makanan sejuta umat. Namun, selain  kalori, kandungan kolestrol yang tinggi membuat camilan ini sangat tidak dianjurkan oleh berbagai pakar kesehatan.

Solusinya, anda dapat mengganti gorengan dengan kacang-kacangan sebagai camilan. Jenis kacang apapun, baik kacang tanah, kacang mede, almond, kacang kedelai, maupun pistaschio, semuanya mengandung manfaat bagi kesehatanmu. Kamu dapat mengolahnya dengan cara dipanggang maupun direbus.

  1. Agar-agar sebagai pengganti es krim dan cokelat

Es krim dan cokelat memang merupakan camilan yang nikmat, tetapi juga mengandung kalori yang tinggi. Jika kamu menyukai camilan dengan rasa yang manis, kamu bisa menggantinya dengan agar-agar atau jelly buatan sendiri. Selain lebih aman dan tanpa pengawet, kamu juga bisa mengatur kadar gula yang digunakan.

Selain jelly, alternatif lain seperti yogurt atau smoothies juga dapat menjadi pilihan camilan sengganmu. Konsumsilah secara bergantian supaya kamu tidak merasa bosan dengan satu pilihan camilan saja.

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014