Jangan Salah Kaprah, Kamu Harus Tahu 4 Mitos Tentang Buah Lemon Ini

2018 Sep 05

Lemon merupakan salah satu buah yang begitu kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Karena kandungan nutrisinya yang kaya, lemon tentunya memiliki segudang manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa di antaranya adalah membantu kita untuk menjaga kesehatan jantung dan mengangkat sel kulit mati.

Namun, tahukah kamu bahwa di antara segudang mitos yang sering kali kita dengar mengenai kehebatan lemon, tidak semuanya merupakan fakta? Mau tahu apa saja mitos tentang lemon yang ternyata salah kaprah? Yuk, simak artikelnya!

  1. Air lemon bisa menurunkan berat badan

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa meminum air lemon dapat membantu kita menurunkan berat badan. Kandungan pektin⎯⎯sejenis serat yang dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dalam lemon𑁋membuat masyarakat percaya bahwa meminum air lemon dapat mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, sehingga otomatis berat badan pun akan ikut anjlok.

Pernyataan di atas disetujui oleh Jason Ewoldt, RDN, LD yang merupakan seorang ahli gizi dari Mayo Health Living Program. Dalam interview-nya bersama media Prevention, Jason setuju bahwa lemon merupakan buah yang rendah kalori yang bagus untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan. Namun, hal ini bukan berarti meminum air lemon dapat menurunkan berat badan kita.

Ini karena kandungan pektin yang terdapat dalam lemon sebenarnya tidak sebanyak yang kita perkirakan untuk bisa menimbulkan efek seperti yang diinginkan. Selain itu, meskipun terdapat penelitian pada binatang yang mendukung teori bahwa pektin dapat menurunkan berat badan, hal ini sendiri belum pernah diuji cobakan secara langsung pada manusia.

Karena itu, daripada menggunakan lemon sebagai menu utama ketika sedang diet, ada baiknya untuk menggabungkannya dengan makanan yang berserat tinggi yang lain seperti oats dan kacang-kacangan, mengingat serat merupakan kunci utama yang diperlukan jika kita ingin memperlancar proses pencernaan kita.

  1. Infused water lemon dapat membuang racun dalam tubuh

Kenyataannya, belum ada penelitian medis apa pun yang dapat membuktikan kebenaran mengenai mitos di atas. Tanpa bantuan air lemon pun tubuh telah mempunyai mekanisme pembuangan racun sendiri, yaitu ginjal dan hati yang akan mengeluarkannya melalui keringat, feses, dan urin.

Jadi, lebih penting menjaga kesehatan ginjal dan hati jika kita ingin racun dalam tubuh kita terbuang dengan sempurna. Tak perlu repot-repot, kita hanya cukup memperbanyak konsumsi air putih, sayur, serta buah-buahan setiap harinya. Sederhana, bukan?

  1. Air lemon meningkatkan kecerdasan

Mitos lain yang keliru mengenai khasiat lemon adalah air lemon dapat meningkatkan kecerdasan kita jika dikonsumsi pada pagi hari.

Fakta yang benar adalah mencium aroma lemon di pagi hari dapat membantumu untuk lebih melek dan fokus, bukannya secara ajaib meningkatkan kecerdasan.

  1. Memperbaiki penuaan kulit

Lemon memang kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C. Namun, hal tersebut tidak serta-merta dapat menghentikan atau mengurangi tanda-tanda penuaan.

Meskipun vitamin C terkenal dapat memproduksi kolagen yang dapat mengenyalkan dan mengencangkan kulit, sayangnya itu tidak cukup. Tubuh tetap membutuhkan mineral dan vitamin yang lain untuk dapat memproduksi kolagen yang dibutuhkan.

Karena itu, selain mengonsumsi air lemon, sebaiknya disertai dengan konsumsi makanan sehat lainnya, seperti: buah, sayur, protein rendah lemak, dan biji-bijian.

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014