4 Sayuran Yang Bisa Turunkan Kolesterol

2021 Mar 23

Siapa di sini yang nggak suka makan sayur? Buat sebagian orang, makan sayur itu rasanya berat banget, lebih berat dari rindu. Salah satu alasannya karena banyak yang menganggap rasa sayuran itu pahit, nggak enak, dsb. Perlu diingat, sayur wajib kita konsumsi karena bermanfaat buat tubuh, termasuk untuk menurunkan kolesterol.

Kolesterol sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kolesterol merupakan lemak esensial yang membantu fungsi tubuh agar bekerja lebih baik. Namun bila kadarnya berlebihan, kolesterol akan berdampak buruk bagi kesehatan dan memicu timbulnya sederet penyakit.

Dilansir dari situs Alodokter, ada jenis-jenis sayuran yang bisa kamu konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Apa aja sih?

Tomat

Tomat sangat bermanfaat untuk membantu melawan kanker dan juga menurunkan kolesterol. Ini karena tomat mengandung likopen yang merupakan antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi likopen tiap hari sebanyak 25 mg dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 10%. Wah, mau tetap sehat ternyata nggak susah ya!

Bayam

Sebenarnya hampir semua sayuran dapat membantu menurunkan kolesterol lho. Namun jenis sayuran hijau gelap, seperti bayam, dinilai paling efektif dalam menurunkan kolesterol. Selain itu, bayam juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan adanya kandungan lutein dan karotenoid dalam bayam yang memiliki peran penting untuk menyingkirkan radikal bebas berbahaya pada tubuh.

Bawang Putih

Selain digunakan sebagai bahan masakan, bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat-obatan yang menjaga kesehatan tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat. Yuk, mulai rajin-rajin pakai bawang putih tiap masak!

Terong

Banyak yang belum tahu, bahwa salah satu manfaat mengonsumsi terong adalah bisa membantu menurunkan kolesterol jahat. Selain itu terong juga bermanfaat meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan gula darah. 

***

Nah, selain sayuran-sayuran di atas, ada juga beberapa jenis makanan lain yang bisa menurunkan kolesterol seperti: gandum, kacang-kacang, buah apel, anggur, stroberi, dan ikan. Yuk, semangat hidup sehat, Diasweeters!

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014