Pencernaan Kurang Lancar, Coba Makan 6 Jenis Buah Ini Biar Tetap Sehat!

2018 Oct 09

Selain berperan penting bagi sistem pencernaan, serat ternyata juga turut andil dalam membantu mencegah datangnya penyakit-penyakit mematikan seperti jantung dan diabetes. Karena itu, tak heran jika serat menjadi salah satu zat yang wajib untuk menjaga kesehatanmu.

Serat sendiri terbagi kedalam dua jenis, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Untuk mendapatkan hasil dan manfaat yang maksimal, kita perlu untuk mengonsumsi keduanya secara seimbang. Nah, makanan yang mengandung banyak serat sebenarnya dapat kita temukan dalam buah-buahan yang setiap hari kita konsumsi. Buah-buahan ini bisa menjadi obat alami saat kamu mengalami pencernaan yang kurang lancar, lho.

Apa saja, ya? Yuk, simak daftarnya!

1. Apel

Ungkapan an apple a day keeps the doctor away rupanya memang bukan sekedar ungkapan kosong belaka. Selain kaya akan kandungan vitamin, buah yang memiliki rasa asam dan manis ini ternyata juga kaya akan kandungan serat. Kandungan serat buah ini tidak hanya terletak pada daging buahnya saja, melainkan juga pada kulitnya. Karena itu, sangat disarankan agar tidak mengupas kulit apel ketika akan memakannya.

2. Beri-berian

Selain rendah kalori, buah yang tergolong dalam keluarga beri-berian terutama raspberry dan blueberry rupanya juga termasuk dalam jajaran buah yang kaya akan kandungan serat. Kamu dapat mengolahnya sebagai smoothies atau mencampurnya dengan yogurt untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

3. Pisang

Bukan rahasia lagi jika pisang dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan serat tinggi dan bagus untuk memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh. Selain kaya akan serat, buah ini juga kerapkali dikonsumsi para atlet ketika jeda pertandingan karena dapat meningkatkan energi dalam tubuh.

4. Pir

Meski harganya terbilang sedikit mahal, tetapi buah yang satu ini ternyata juga kaya akan kandungan serat. Selain itu, buah ini juga dapat membuatmu merasa cepat kenyang, sehingga cocok bagi kamu yang sedang menjalankan diet. Tips: untuk memperoleh manfaat yang maksimal, buah ini lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah.

5. Alpukat

Buah yang memiliki tekstur lembut tidak hanya kaya akan vitamin dan asam lemak, tetapi juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Meski demikian, alpukat agak sedikit sulit ditemukan jika sedang tidak pada musim panen.

6. Jeruk

Hampir semua orang tahu kalau jeruk merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Namun, jeruk ternyata juga kaya akan kandungan serat yang dapat membantu masalah pencernaan seperti sembelit. Harganya yang terjangkau pun menjadi nilai plus bagi para pemburu serat.

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014