Apa yang Terjadi Jika Gula Darah Terlalu Tinggi?

2017 Dec 27

image014

Jika kamu memiliki riwayat keluarga penderita diabetes, atau termasuk obesitas, memeriksa kadar gula darah secara rutin merupakan hal yang wajib dilakukan. Hiperglikemi atau kadar gula darah merupakan kondisi yang sangat berbahaya, bahkan bisa berpotensi merusak sejumlah organ-organ tubuh.

Berikut merupakan beberapa dampak buruk jika kamu mengalami kelebihan gula darah, dan membiarkan kondisi ini dalam jangka waktu lama.

Dehidrasi

Timbunan gula darah akan memicu pengeluaran urine berlebih sebagai respons tubuh untuk membersihkan gula berlebih. Kondisi ini menyebabkan sejumlah besar air akan hilang dan memicu timbulnya dehidrasi. Inilah alasan kenapa orang dengan kelebihan gula darah akan mudah merasa haus.

Jika terus dibiarkan, dehidrasi akan menyebabkan kamu mengalami sakit kepala, konsentrasi yang buruk, demam dan bahkan bisa menyebabkan halusinasi.

Kerusakan organ

Dalam jangka panjang, gula darah yang tinggi akan merusak saraf dan pembuluh darah kecil di mata. Selanjutnya, masalah ini akan melebar hingga ke ginjal, kemudian jantung.

Sayang, gejala kenaikan gula darah ini kerap datang tanpa disadari. Hal inilah yang membuat banyak orang akan langsung fokus kepada pengobatan penyakit yang terlihat, seperti mengatasi jantung, hipertensi, atau komplikasi lainnya ketimbang langsung mengatasi masalah kelebihan gula darah sejak dini.

Koma diabetes

Saat kadar gula darah tinggi, seseorang bisa mengalami dehidrasi yang sangat berat hingga tidak mendapat cairan pengganti. Jika kondisi ini dibiarkan, kamu akan berada dalam kondisi yang sangat berbahaya, yakni koma diebetes, yang berpotensi mengancam nyawa.

Biasanya, kondisi ini sering terjadi saat kamu memiliki kadar gula darah diatas 600 mg/dL. FYI, angka kadar gula darah normal hanya sekitar 108 mg/dl saja.

Pikun dan masalah lainnya

Diabetes merupakan penyakit yang dikenal dengan julukan silent killer. Bukan tanpa alasan, penyakit ini bisa merusak bagian-bagian vital dalam tubuh, termasuk otak.

Beberapa dampak nyata bahaya diabetes bagi otak adalah, menyebabkan terganggunya sistem memori hingga menyebabkan pikun, terganggunya emosi, mudah stres dan lainnya. Jika dibiarkan, diabetes pun bisa menjalar hingga mata, menyebabkan kanker dan mengganggu pendengaran.

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014