Cara Mencintai dan Menerima Kekurangan Diri Sendiri

2021 Sep 27

Ada yang lagi insecure nggak sama bentuk tubuhnya saat ini? Kok udah nggak sebagus yang dulu? Kok semakin hari malah semakin melar aja ya? Kalau kamu terus-terusan mikirin ini, bisa-bisa kamu jadi stres sendiri.

 

Yang harus kamu sadari adalah semua manusia di dunia ini nggak ada yang sempurna. Mereka pun merasakan hal yang sama sepertimu. Hidup akan selalu berubah seiring berjalannya waktu. Jadi, kenapa kamu nggak mulai mencoba menerima semua kekurangan ini secara positif?

 

Mencintai diri sendiri dimulai dengan satu langkah penting, yaitu menerima kekurangan dan kelebihan yang ada dalam diri. Yuk mulai belajar ‘self love’ dengan melakukan cara-cara sederhana berikut.

 

Stop Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yang ditakdirkan menjadi pribadi yang kompetitif. Apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini yang sudah semakin canggih, kita jadi bisa melihat kehidupan orang lain yang ujung-ujungnya malah jadi membandingkan diri sendiri dengan orang lain.  Hal ini bisa berbahaya jika tidak bisa menerimanya dengan baik lho .

Nggak ada gunanya membandingkan dirimu dengan orang lain. Karena setiap individu diciptakan unik. Garis hidup masing-masing orang juga berbeda. Di usia yang sama, ada yang baru lulus kuliah, ada yang udah kerja 3 tahun, ada yang sudah menikah, dsb. Jadi, nggak perlu merasa kamu harus punya pencapaian yang sama dengan orang lain. 

 

Menjauhi Lingkungan Toxic 

Toxic people adalah orang-orang yang nggak membiarkanmu bahagia, atau orang-orang yang nggak membiarkanmu meraih potensi terbaikmu. Temen kerja yang sikut-sikutan, tetangga yang hobi ngomong belakang, atau temen komunitas yang terlalu kompetitif adalah contoh di antaranya.

Jika ada seseorang yang menjadi toxic yang membuat hidupmu tidak bermanfaat bagi sekitar, serta tidak bertanggung jawab untuk itu, maka kamu jangan pernah takut untuk keluar dari lingkaran tersebut. Kalau dirasa teman-temanmu sekarang berubah sudah nggak satu frekuensi lagi dan malah memberikan bad vibes, kamu boleh kok membebaskan diri dari semua itu. Semua demi melindungi energimu dari hal-hal negatif yang nantinya membahayakan kesehatan mentalmu. 

 

Jangan Terlalu Memikirkan Pendapat Orang Lain

Nah, ini nih biangnya bikin insecure. Jangan terlalu memikirkan tentang apa yang orang lain pikirkan atau harapkan darimu. Sebaiknya, pendapat orang tentangmu itu dijadikan sebagai motivasi. Ingat ya, kamu tidak bisa membuat semua orang bahagia. Dari pada mikirin itu dan bikin waktu kamu terbuang, mending fokus aja sama tujuanmu. 

Percaya deh, apa pun yang kita lakukan, selalu ada celah ketidaksempurnaan yang bisa digunjingkan orang lain. Pernah lihat atau ketemu mahasiswa yang merasa dirinya bodoh hanya karena 1 nilai B? Atau cewek merasa gendut padahal hanya sedikit lekukan lemak di paha? Jika kamu merasa cakep, merasa sudah memberikan yang terbaik, that’s you!

 

Hargai dan Manjakan Dirimu Sendiri

Kerasa banget kan sekarang jadi makin banyak informasi yang terserap tiap harinya? Padahal sebetulnya beberapa informasi tersebut nggak sepenting yang kita kira. Banyak sekali bad vibes yang sering kita temui yang bahkan bisa mempengaruhi diri kita. Untuk itu, bersikaplah baik dengan dirimu. Berbicaralah dengan baik kepada diri sendiri, dan jangan menyebut dirimu dengan hal-hal yang negatif. Nggak ada salahnya kok memanjakan dirimu, dengan begitu kamu bisa lebih mengenali dirimu dan tentunya semakin menerima kekurangan diri. 

Semangat selalu, Diasweeters! Ingat, yang terpenting adalah hidup seimbang. Cukup bekerja, cukup belajar, tapi juga cukup istirahat dan cukup menyenangkan diri. Berat badan belum ideal tapi udah lebih sering olahraga, keren! Perut nggak six pack tapi udah nggak begadang lagi, cakep! Sesekali makan kesukaan kamu tanpa melihat jumlah kalori demi hati yang happy, boleh. Produk-produk Diasweet selalu siap jadi partner kamu hidup seimbang kapan pun kamu mau.  Buat cemilan tengah malam, sarapan on-the-go, atau pelengkap coffee break di sela-sela jam kantor, bisa semua. 

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014