Ini Dia Nutrisi Penting yang Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh Selama Pandemi

2021 Aug 13

Memiliki tubuh yang sehat dan kuat bak superhero pasti jadi idaman semua orang apalagi di musim pandemi ini. Sebenarnya rahasianya apa aja sih? Ternyata bukan cuma rajin olahraga dan patuhi prokes 5M, makanan yang kita konsumsi juga memiliki peran yang tak kalah penting loh untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Nah, supaya nggak salah pilih makanan, Diasweet mau kasih info nutrisi apa aja yang penting untuk kamu konsumsi sehari-hari.

 

Konsumsi banyak air putih

 

Kandungan air dalam tubuh manusia adalah sekitar 60% – 70% dari berat tubuh. Jadi nggak heran kalau kita sering ngerasa dehidrasi atau haus pas lagi kepanasan atau kecapean. Nah solusinya minum air putih minimal 8 – 10 gelas per hari atau setara 2 liter gelas per hari. Perlu diketahui, air berperan penting untuk mengangkut nutrisi dan senyawa dalam darah, mengatur suhu tubuh dan membantu proses dalam pencernaan. So, jangan sampai kekurangan cairan ya, Diasweeters.

 

Konsumsi makanan segar dan belum diolah

 

Pada poin ini, cara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh yaitu dengan perbanyak makan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan umbi-umbian dsb. Termasuk sumber makanan dari hewani juga seperti daging, telur, ikan dan susu. Porsi yang disarankan setiap harinya yaitu, buah 2 cangkir, sayuran 2,5 cangkir untuk 5 porsi, biji-bijian 180 gram dan 160 gram daging serta kacang-kacangan. Untuk daging merah dapat dikonsumsi 1 – 2 kali per minggu, sedangkan unggas 2-3 kali per minggu. Disarankan juga untuk tidak overcook dalam mengolah sayuran atau buah-buahan, karena akan mengurangi kandungan nilai gizinya. 

 

Konsumsi minyak dan lemak dalam jumlah yang wajar

 

Ternyata kita masih membutuhkan lemak untuk memenuhi asupan nutrisi harian loh. Karena lemak berfungsi untuk membantu proses penyerapan vitamin dan sumber energi dalam tubuh. Di poin ini lebih ditekankan untuk mengonsumsi lemak tak jenuh yang bisa ditemukan pada ikan, alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, kedelai, canola, bunga matahari dan minyak jagung dibandingkan dengan lemak jenuh seperti mentega, cream, daging berlemak, keju dan minyak kelapa. Jadi buat yang benci sama lemak, yuk mulai berdamai dari sekarang.

 

Kurangi konsumsi garam dan gula

 

Ketika memasak atau mengolah makanan, batasi penggunaan garam dan bumbu yang bernatrium tinggi, misalnya kecap dan kecap ikan. Batasan garam yang disarankan yaitu 1 sendok teh dan gunakan garam beryodium. Serta untuk gula, hindari minuman kaleng seperti soda dan minuman manis lainnya. Untuk snack, pilihlah buah-buahan segar atau Diasweet Litebite yang rendah kalori daripada cemilan manis seperti kue dan coklat.

 

Nah, jadi itu dia beberapa sumber makanan yang bisa kamu konsumsi selama pandemi. Tapi tetap ya, selain jenis makanan, kamu juga harus tetap berolahraga agar penyerapan nutrisi lebih optimal. Kalau kamu biasa konsumsi apa aja nih untuk meningkatkan sistem imun selama pandemi?

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014