Inilah yang Terjadi Saat Tubuh Dehidrasi

2017 Dec 17

image009

Diasweeters, kamu sering dengar kan anjuran untuk mengonsumsi air puth setidaknya 2 liter per hari? Memang cukup sulit jika kamu belum terbiasa. Padahal, akibat jika tubuh mengalami dehidrasi cukup mengerikan lho!

Dilansir dalam prevention, berikut hal yang akan terjadi jika tubuh mengalami dehidrasi akibat kurangnya asupan cairan tubuh.

Tubuh sulit mengontrol suhu

Saat kita bergerak, tubuh akan menghasilkan panas sehingga keringat pun akan muncul sebagai upaya untuk meredam dan menjaga suhu tubuh tetap stabil. Hal yang sama pun berlaku saat udara dingin menyerang, dimana tubuh akan membakar kalori untuk menjaga suhu udara tetap normal.

Nah, kondisi ini tidak akan terjadi saat mengalami dehidrasi, sehingga tubuh pun akan kesulitan untuk mengontrol suhu dan panas pun akan terjebak dalam tubuh dan berisiko menyebabkan heat stroke.

Jantung bekerja keras

Seperti kita ketahui, sekitar 60 persen dari bobot tubuh kita adalah air, dimana tempat penampungan terbesarnya adalah darah. Saat kekurangan cairan, secara otomatis volume darah pun akan menurun, dan kondisi ini menyebabkan jantung akan bekeja keras saat memompa darah.

Selanjutnya, pembuluh darah pun akan mengerut untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Hal inilah yang menyebabkan kita akan merasa pusing saat mengalami dehidrasi.

Lemas

Saat dehidrasi, tubuh akan merasa butuh energi dua kali lipat agar bisa bekerja dengan maksima. Saat tidak dipenuhi, tubuh akan merasa sangat lemas dan tidak bertenaga. Alhasil, hormon penumbuh rasa lapar pun akan tumbuh subur dan menggoda kamu untuk segera makan banyak.

Inilah alasan kenapa tubuh kerap memberikan sinyal rasa lapar dan haus saat kamu kehilangan banyak cairan. Di sisi lain, kondisi ini pun akan menyebabkan kamu tergoda untuk makan berlebih.

Uring-uringan

Dehidrasi bisa menurunkan konsentrasi dan membuat kamu mendadak jadi pelupa, bingung atau bahkan menjadi uring-uringan. Kondisi ini disebabkan karena area spesifik di otak akan menyusut sebagai imbas dari kurangnya pasokan darah ke otak akibat kekurangan cairan.

Jika terjadi dalam jangka panjang, dehidrasi pun bisa merusak otak dan kekurangan nutrisi. Makanya ada pepatah yang menyebut, manusia bisa bertahan tanpa makan, tapi mustahil bertahan tanpa air.

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014