Jajanan Favorit Orang Indonesia dan Jumlah Kalorinya

2021 Nov 16

Pasti di antara kamu semua ada yang merasa beruntung tinggal di Indonesia karena di sini banyak banget jajanannya. Setuju nggak? Ada banyak sekali jajanan favorit yang bikin nagih. Namanya aja udah jajanan, pasti posisinya dianggap sebagai makanan selingan alias cemilan yang bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan berat. 

Tapi kamu pernah nggak iseng mikir kira-kira berapa banyak kalori cemilan yang kamu makan sebelum makan? 

Dari yang sering terjadi, jika terlalu kenyang saat ngemil, nantinya bisa membuat kamu tidak punya selera makan. Udah saatnya kamu membatasi makan cemilan sebelum makan makanan berat karena idealnya jumlah kalori cemilan yang dianjurkan adalah sekitar 150-200 kalori aja. 

Yuk cek dulu berapa kalori masing-masing jajanan favorit kamu.

 

Gorengan

Bukan orang Indonesia namanya kalau nggak suka jajan gorengan. Jajanan satu ini emang hits banget dan banyak yang jual. Gorengan punya cita rasa yang enak dan bikin nagih karena nggak cukup makan kalau cuma satu aja. Tapi kamu perlu hati-hati, karena selain tinggi kalori, makanan jenis ini mengandung lemak jahat yang bisa memicu penyakit kardiovaskular dan kolesterol tinggi.

Memang sih bahan dasar pembuatan gorengan ini tergolong jenis makanan sehat, kayak tempe, tahu, ubi, pisang, dll. Namun, cara pengolahannya yang menggunakan tepung, gula, dan minyak itulah yang bikin gorengan ini tinggi lemak.

Oke, mari kita ulas kalori gorengan. Contohnya pisang goreng, satu buah pisang goreng rata-rata mengandung 2 gram lemak total, termasuk 1 gram lemak jenuh serta 49 miligram kolesterol. Mengonsumsi pisang goreng menyumbang sekitar 5 persen lemak jenuh dalam tubuh. Gorengan mengandung sampai 140 kalori.

Terlepas dari rasanya yang enak, penting bagi kamu untuk membatasi konsumsi gorengan demi menjaga kesehatan jantung serta organ lainnya.

 

 

 

Siomay dan Batagor

Walau dimasak secara dikukus, setiap potong siomay yang disajikan mengandung 51 kkal, 6,03 gram  karbohidrat, 0,85 gram lemak, dan 4,54 gram protein. Jadi nih kalau kamu mengonsumsi satu porsi penuh, ditambah dengan kol, kentang, dan bumbu kacang, jumlah kalorinya bisa mencapai 500 kkal. 

Terus buat kamu penggemar batagor, dalam satu potong bakso tahu goreng ini terkandung 58 kkal, 5,83 gram  karbohidrat, 2,98 gram lemak, dan 2,06 gram protein. Kalorinya akan lebih banyak lagi jika batagor disajikan dengan cara digoreng dan ditambah dengan bumbu kacang.

Martabak Manis

Siapa nih yang jaman PDKT-nya selalu bawain martabak buat calon mertua? Haha. Bukti ya, kalau martabak jajanan favorit setiap kalangan terutama martabak manis. FYI, setiap satu porsi martabak manis mengandung hingga 347 kkal. Selain itu, ada pula kandungan karbohidrat yaitu sekitar 44,66 gram dan 16,12 gram lemak, serta 8,97 gram  protein. Cemilan ini nyatanya memiliki kalori yang sangat tinggi, apalagi sering disajikan dengan tambahan topping seperti coklat, keju, kacang, dan masih banyak lagi.

 

Kaget nggak tuh tau jajanan favoritnya punya  banyak kalori yang tersembunyi? Nah, kalau udah tau, yuk coba kurangin jumlah konsumsinya. Atau kamu bisa pilih alternatif cemilan lainnya yang lebih sehat dan rendah kalori untuk dikonsumsi seperti Diasweet Litebite. Selamat mencoba ya, Diasweeters!

 

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014