Kapan Waktu yang Tepat Untuk Makan Agar Tubuh Tetap Sehat

2021 Jun 09

Sejak WFH kamu mengalami perubahan pola makan nggak? Wajar aja sih kalau jadi berubah, soalnya kamu lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, sampai terkadang lupa untuk makan. Supaya tubuh tetap sehat, waktu untuk makan juga perlu diperhatikan lho. 

 

Nah untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk makan, kamu harus menyesuaikan dengan kondisi tubuh juga. Misalnya buat penderita asam lambung, disarankan untuk makan sedikit namun sering. Frekuensi makan ini tentu berbeda dengan standar makan normal 3 kali sehari. 

 

Pada dasarnya, anjuran dan frekuensi makan yang tepat adalah setiap 2-3 jam. Frekuensi makan ini nggak cuma buat makan berat aja, namun termasuk camilan. Berikut ini adalah pembagian makan yang tepat dalam sehari:

 

Sarapan

Salah satu waktu makan yang paling penting dan sebaiknya tidak terlewatkan adalah sarapan. Buat kamu yang lagi diet atau yang nggak terbiasa makan di pagi hari, mungkin sering banget melewatkan waktu makan ini. Padahal, sarapan dengan menu yang tepat justru bisa membantu menurunkan berat badan. 

 

Waktu yang tepat untuk sarapan yaitu sekitar 1-2 jam sebelum beraktivitas. Sebagai patokan, makan pagi juga bisa dilakukan 1 jam setelah bangun tidur, dengan catatan kisaran bangun tidur pukul 5-7 pagi. 

 

Tentunya sarapanlah dengan menu yang sehat dan hindari karbohidrat dengan indeks glikemik yang tinggi atau dengan makanan yang terlalu manis dan mengandung gula tambahan, biar nggak cepat lapar. Contoh menu sarapan yang sehat misalnya susu cokelat, roti gandum, dan buah-buahan. 

 

Snacking Time

Buat kamu yang cepet lapar, baik di antara jam makan siang atau jam makan malam, perlu banget menyelipkan waktu untuk ngemil supaya perut nggak keroncongan. Waktu yang terbaik untuk mengonsumsi camilan adalah sekitar 2-3 jam sebelum kamu makan siang atau makan malam. Nah, Diasweet Litebite cocok jadi pilihan menu sehat snacking kamu, karena seratnya yang tinggi bisa membantu kamu kenyang lebih lama.

 

Makan siang

Waktu yang terbaik untuk makan siang yaitu di antara pukul 12:00-13:00 atau 4 jam setelah sarapan pagi. Sebaiknya jangan menunda jam makan siang sampai sore, karena hal tersebut bisa membuat tubuh menjadi lemas dan mengurangi konsentrasi saat bekerja. Pilih menu makan yang tinggi serat, protein, dan karbohidrat yang diperlukan untuk menyimpan energi hingga malam hari. Hindari makan nasi yang terlalu banyak dan terlalu kenyang untuk menghindari mengantuk di siang hari. Contoh menu makan siang yang sehat misalnya salad sayur atau buah dengan nasi secukupnya dan ditambah daging atau telur sebagai lauk pauk. 

 

Makan malam

Banyak banget orang yang menghindari makan malam karena takut melar atau lagi diet, takut kalau makan di atas jam 7 malam bakal bikin gendut. Kamu salah satunya bukan? 

Sebenarnya, prinsip menentukan kapan sebaiknya makan malam dan apa saja yang dikonsumsi berhubungan dengan aktivitas dan waktu tidur kamu. Biasanya di malam hari tidak banyak aktivitas yang dilakukan, jadi kamu tidak perlu asupan energi yang besar dari sumber makanan karbohidrat. Contoh menu makan malam yang sehat misalnya sayur bayam, ½ porsi nasi merah, pepes ikan dan segelas air putih.

 

Jadi kapan waktu yang tepat? Waktu yang tepat untuk makan malam yaitu sekitar 2-3 jam sebelum tidur. Contohnya tidur jam 10 malam, maka sebaiknya makan malam di kisaran jam 7-8 malam. Tujuannya supaya makanan tercerna dengan baik sebelum tidur, jadi nggak ada makanan yang kembali naik ke kerongkongan. Makan malam yang terlalu dekat dengan waktu tidur juga sebaiknya dihindari, karena dapat menyebabkan asam lambung naik.

 

Jadi gimana, udah tau kan waktu-waktu yang tepat untuk makan? Mulai sekarang, yuk lebih sadar lagi sama jadwal makannya supaya tubuh lebih sehat. Apalagi di musim pandemi ini, harus lebih menjaga kondisi tubuh biar tidak mudah terserang virus. Jaga kondisi kesehatan selalu ya, Diasweeters.

 

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014