Keistimewaan Buah Apel Untuk Kesehatan

2021 Jul 26

Apel adalah salah satu buah yang paling populer di seluruh dunia. Bahkan Indonesia sendiri punya daerah penghasil apel terbaik yaitu Malang, Jawa Timur. Banyak penelitian setuju bahwa buah apel punya keistimewaan untuk kesehatan tubuh manusia, karena buah apel punya kandungan gizi serta nutrisi tinggi yang baik buat tubuh kita. Rajin makan buah apel bisa bikin kamu mendapatkan manfaat kesehatan sebagai berikut.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung akan terjaga bila kita rajin mengkonsumsi buah apel. Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Buah ini juga mengandung polifenol, yang memiliki efek antioksidan. Pektin yang terkandung di dalam apel juga dapat membantu menurunkan kolesterol dengan cara menyerap lemak dan kolesterol, lalu mengeluarkannya dari dalam tubuh saat kita buang air besar.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu zat gizi penting yang terdapat pada apel adalah vitamin C. Kandungan vitamin C inilah yang membuat kekebalan tubuh kita makin kuat. Selain itu, manfaat vitamin C lainnya adalah mencegah alergi, menjaga kesehatan kulit, dan membantu mempercepat penyembuhan luka.  

Kaya Kandungan Antioksidan

Kandungan lainnya di dalam buah apel adalah beta karoten (vitamin A) yang menjadi sumber antioksidan. Manfaatnya adalah membantu mengurangi dan mencegah terjadinya stres oksidatif di dalam tubuh. Senyawa antioksidan ini juga dapat membantu melindungi mata kita dari hilangnya penglihatan, melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, hingga gangguan kognitif seperti penyakit alzheimer.

Mencegah Kanker

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu mencegah stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan sel dan dapat menyebabkan perkembangan kanker tertentu. Apel merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Beberapa kanker yang bisa dicegah dengan sering mengkonsumsi buah apel adalah kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker usus besar.

Melawan Penyakit Asma

Kandungan antioksidan di dalam buah apel juga bermanfaat untuk melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif sehingga menurunkan risiko asma. Bagi yang suka makan apel dengan cara dikupas kulitnya terlebih dahulu,kayaknya harus ganti cara deh. Soalnya kulit apel juga memiliki manfaat yang istimewa. Kulit apel mengandung flavonoid quercetin, yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Hal ini dapat mengurangi asma dan reaksi alergi.

Menjaga Kesehatan Tulang

Buah apel juga mengandung kalium dan juga zat besi. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kepadatan serta kekuatan tulang. Para peneliti mempercayai bahwa kandungan dalam buah apel dapat melindungi kita dari osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang.

 

Itulah beberapa keistimewaan buah apel untuk kesehatan tubuh. Meskipun banyak cara asik buat makan apel, dibikin jus, pie, atau selai, tapi keistimewaan apel bakal kamu dapat secara maksimal dengan memakannya secara langsung. Selamat makan apel, Diasweeter.

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014