Lebih Sehat Mana, Sayuran Dimakan Langsung atau Dijus?

2017 Apr 03

Lebih Sehat Mana, Sayuran Dimakan Langsung atau Dijus

Saat akan menjalani program diet sehat, sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk masuk dalam menu utama pola makan harianmu. Bahkan dalam beberapa program diet, sayuran harus disertakan sampai 50 persen dari total porsi harianmu.

Walaupun begitu, masih banyak orang yang bingung dengan cara mengonsumsi bahan makanan ini. Beberapa diantaranya percaya jika sayuran lebih sehat jika dikonsumsi secara langsung, sedangkan beberapa lainnya lebih memilih untuk mengolahnya menjadi jus.

Manakah yang lebih sehat, di jus atau dimakan langsung?

Mengenai hal ini, dilansir dalam self.com, menurut Brigitte Zeitlin, MPH, RD, CDN, spesialis gangguan pencernaan, diabetes, manajemen berat badan dan nutrisi perempuan, menyebutkan jika sayuran yang dimakan langsung jauh lebih baik ketimbang sayuran yang di jus.

Alasannya, ketika sayuran diubah menjadi minuman alias dibuat jus, kamu akan cenderung kehilangan banyak nutrisi. Selain itu, komposisi sayuran yang dijus pun cenderung tidak padat. Hal inilah yang membuat kamu akan mudah merasa lapar saat mengonsumsi sayuran yang dijus.

Hal yang sama pun berlaku untuk buah-buahan yang diolah dengan cara dijus. Menurut Zeitlin, sayuran dan buah-buahan yang dijus, akan cenderung memiliki kandungan serat yang lebih rendah ketimbang buah dan sayur yang dikonsumsi secara langsung.

Padahal dalam aturan diet sehat, serat sangat dibutuhkan, tidak hanya untuk menjaga kesehatan organ pencernaan dan mencegah sembelit, tapi juga untuk menjaga kamu kenyang lebih lama sehingga terhindari dari godaan konsumsi camilan tinggi kalori.

Yang paling mengerikan, saat kamu membuat jus sayur atau buah dengan bahan tambahan lainnya yang kurang sehat. Sebut saja gula. Alih-alih dietmu akan berjalan lancar, kebiasaan ini justru akan membuatmu lebih sulit menurunkan berat badan.

Kesalahan lainnya, banyak orang yang membeli jus sayur atau buah kemasan. Memang produk ini lebih praktis dan menjanjikan non kalori. Tapi faktanya, jus sayur dan buah terkadang banyak mengandung pengawet makanan, tinggi gula dan jarang menggunakan jus sayur dan buah murni di dalamnya.

Tapi ingat, tidak semua jus sayur atau buah kemasan tidak sehat untuk dikonsumsi. Satu contoh jus sayur dan buah yang terbukti sehat untuk dikonsumsi adalah Diasweet Litesip Fruit Juice yang terbuat dari buah-buahan dan sayuran segar dan diesktrasikan khusus sehingga menciptakan jus dengan rasa yang segar dan nikmat.

Bagaimana dengamu Diasweeters. Lebih suka sayuran yang dimakan langsung atau yang dibuat jus?

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014