Makanan Ini Memang Kaya Lemak, Tapi Bisa Cegah Penyakit Jantung

2017 Dec 15

image008

Selama ini makanan kaya lemak kerap dijauhi karena terkait obesitas dan penyakit jantung. Tapi Diasweeters, tahukah kamu kalau ada beberapa jenis makanan yang sebenarnya tinggi lemak, tapi justru bisa mencegah timbulnya penyakit jantung, salah satunya keju.

Dilansir dalam NDTV, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, menyebut jika konsumsi keju tiap hari, ampuh mengurangi risiko serangan jantung dan stroke hingga 14 persen.

Seperti kita ketahui, keju merupakan salah satu sumber protein dengan kandungan vitamin, kalsium, yang cukup tinggi. Hal inilah yang membuat keju sangat mudah diserap tubuh, walaupun kaya akan lemak.

Nantinya, lemak yang terkandung dalam tubuh akan diolah menjadi sumber energi, yang membuat kamu merasa lebih bugar dan bertenaga. Selain itu, kandungan kolesterol baik (HDL) dalam keju pun berperan penting dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL), penyebab penyakit jantung dan stroke.

Alpukat Bisa Cegah Penyakit Jantung

Selain keju, alpukat pun masuk dalam kategori makanan tinggi lemak yang baik untuk kesehatan jantung. Hal ini dibuktikan lewat penelitian di Amerika yang melibatkan 45 orang yang memiliki berat badan berlebih dengan usia 20-70 tahun.

Dalam penelitian ini, tim peneliti membagi mereka dalam dua kelompok berbeda, yakni mereka yang melakukan diet tanpa alpukat dan mereka yang mengonsumsi alpukat setiap hari selama 5 minggu sebagai makanan utama selama diet.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi alpukat sebagai menu utama diet memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah ketimbang mereka yang melakukan diet tanpa konsumsi alpukat.

Dalam keterangannya, Penny Kris-Etherton, Ketua Komite American Heart Association, Amerika, menyebut jika alpukat merupakan sumber lemak baik yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan kolesterol baik, dan menekan pertumbuhan kolesterol jahat.

Sayang, di Amerika sendiri alpukat masih belum populer untuk dimasukkan dalam menu makan sehari-hari. Padahal buah yang satu ini bisa disajikan bersama dengan salad, sandwich, atau bahkan bisa dikonsumsi bersama ayam dan ikan.

Selain itu, alpukat pun bisa disajikan sebagai jus atau smoothies. Tapi ingat, pastikan kamu mengonsumsi alpukat tanpa tambahan gula agar hasilnya lebih maksimal.

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014