Manfaat Pilates untuk Keseimbangan Tubuh dan Pikiran

2021 Nov 29

Vila, vila apa yang bikin sehat? Jawabannya vilates, yaaah garing ya? Hehe. Pilates adalah salah satu olahraga yang praktis karena bisa dilakukan dimana saja. Ini tentu sangat cocok buat kamu yang ingin mencari alternatif olahraga yang simpel di rumah. Pilates juga termasuk salah satu latihan low-impact yang bertujuan untuk memperkuat otot sekaligus melatih kelenturan dan fleksibilitas postur tubuh. Olahraga ringan yang rutin dilakukan dapat memberikan dampak positif terhadap tubuh, serta dapat meningkatkan konsentrasi otak.

Oh iya, latihan pilates berpengaruh dalam menjaga kesehatan mental loh, jadi kalau kamu rutin melakukan olahraga ini bisa mengurangi stres juga. Nah, jadi penasaran nggak, manfaat pilates sebenarnya apa aja sih? Simak bahasannya di bawah ini yuk!

 

Memperkuat Otot Inti Tubuh

Latihan ini berpusat dalam menggunakan beban tubuh, sehingga jika melakukan pilates secara rutin otomatis dapat mengencangkan otot inti tubuh. Apa aja sih yang termasuk otot inti? Otot inti adalah serangkaian otot kompleks yang membentang mulai dari otot dada bawah, perut, punggung, hingga otot di sekitar panggul. Otot inti yang lemah atau tidak fleksibel dapat mengganggu fungsi lengan dan kaki, serta bisa menguras habis tenaga dari setiap gerakan yang dibuat. Melatih otot inti yang benar, dapat menggenjot kekuatannya. Memiliki torso tubuh yang kuat berarti membangun stabilitas dan kekuatan otot inti.

 

Membentuk Postur Tubuh

Duduk dengan posisi yang tidak tegak dalam kurun waktu yang lama dapat merubah postur tubuh dan bentuk tulang belakang. Nah, dengan pilates yang rutin dapat membantu memperbaiki postur tubuh, karena latihan ini berpusat untuk melatih otot-otot sekitar pinggul, punggung bagian bawah serta panggul. Postur tubuh yang baik dapat meningkatkan kepercayaan diri karena terlihat lebih tinggi. 

 

Menurunkan Berat Badan

Menurut studi di Pamukkale University di Turki, bahwa wanita yang melakukan latihan pilates selama 90 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu dalam hitungan delapan minggu dapat menurunkan berat badan dan lemak di pinggang. Jadi, kamu nggak perlu khawatir lagi dengan berat badan kamu deh.

 

Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat pilates lainnya yaitu dapat meningkatkan konsentrasi. Senam pilates merupakan latihan yang berpusat pada pikiran serta keharmonisan tubuh dan jiwa. Salah satu gerakan pada latihan ini yaitu pengaturan pernapasan. Dengan melakukan pernapasan yang teratur dan benar, dapat meningkatkan keharmonisan tubuh serta membuat pikiran lebih fokus. Kalau pikiran sudah fokus, tentunya bisa membuat seseorang jadi lebih konsentrasi dalam bekerja.

 

Meringankan Sakit 

Berdasarkan penelitian dari Journal Clinical Rehabilitation tahun 2014, pilates dapat membantu mengatasi sakit punggung bagian bawah dan memperbaiki fungsinya. Hal ini dikarenakan gerakan pilates mendukung bagian otot inti tubuh. Kemudian bila dilakukan secara rutin, pilates juga dapat membantu mencegah cedera pada suatu saat dengan fleksibilitas dan mobilitas kamu. Buat yang sering sakit punggung, cobain deh latihan ini. 

 

Gimana nih setelah tau berbagai macam manfaat pilates bagi kesehatan tubuh dan pikiran, jadi tertarik buat mencoba nggak? Tapi jangan lupa harus diimbangi dengan pola makan sehat gizi seimbang ya, Diasweeters. Selamat ber-pilates ria 😀

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014