Perut Kamu Mulai Buncit? Lakukan Olahraga-Olahraga Berikut Untuk Mengecilkan Perut

2021 Oct 14

Lagi ngerasa kurang percaya diri karena perut buncit yang ganggu penampilan kamu? Ternyata bukan hanya mereka yang punya badan gemuk yang merasakan, yang punya badan kurus pun bisa mengalami perut buncit lho. 

Selain mengganggu penampilan, perut buncit bisa berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Perut buncit yang kamu miliki saat ini bisa disebabkan oleh:

  • Kurang tidur
  • Jarang olahraga
  • Sering mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Menopause
  • Stres
  • Obesitas

Bila dibiarkan, ukuran perut yang terlalu besar atau menyebabkan berat badan berlebihan ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan hipertensi.

 

Tapi kamu jangan dulu khawatir karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut buncit dan melar. Salah satunya adalah dengan rutin melakukan olahraga sederhana untuk mengecilkan perut.

1. Jogging

Udah tahu dong kalau jogging atau lari santai ini salah satu aktivitas fisik yang praktis dan mudah dilakukan. Selain itu, jogging dinilai sangat efektif untuk membakar lemak perut. Lakukan olahraga ini selama 20-30 menit, setiap 3-4 kali seminggu untuk mengecilkan perut buncit.

2. Berenang

Selain jogging, berenang juga bisa jadi pilihan olahraga untuk mengecilkan perut karena dapat membakar lemak tubuh kamu secara bertahap. Berenang juga bisa memelihara kekuatan otot dan tulang, jaga kesehatan jantung, dan meningkatkan kualitas tidur. Disarankan untuk berenang selama sekitar 20-30 menit sebanyak minimal 3x seminggu. Jangan lupa untuk lakukan pemanasan dulu ya sebelum berenang.

3. Senam 

Eits jangan salah, meski terlihat sepele, senam juga merupakan olahraga yang efektif untuk membakar kalori dan mengecilkan perut. Dari banyaknya jenis senam, kamu bisa melakukan senam aerobik dan juga zumba. Selain itu, senam juga punya manfaat memperkuat sendi dan tulang serta memperbaiki mood. Kamu nggak harus ke pusat kebugaran kok, bisa lakukan senam dari rumah dengan melihat video-video senam di Youtube. Praktis kan? 

4. Latihan fisik 

Ada beberapa latihan fisik yang secara spesifik dapat mengencangkan otot perut dan mengecilkan perut buncit yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

Situp

Sit-up bisa memperkuat dan mengencangkan otot perut. Caranya, berbaringlah di lantai dalam posisi telentang dengan lutut ditekuk, lalu angkat badan ke arah lutut sambil menghembuskan napas dan perlahan turunkan kembali ke lantai sambil menarik napas. Biar lebih efektif, kamu bisa lakukan gerakan sebanyak 10 kali (1 set), dan ulangi hingga 2-3 set per hari.

Crunches

Gerakan crunch sepintas hampir serupa dengan situp. Namun, gerakan crunch hanya sedikit mengangkat tubuh bagian atas saja, yaitu kepala dan bahu.

Plank

Plank tidak hanya membantu mengencangkan dan membentuk otot perut, tetapi juga melatih kekuatan otot bahu, lengan, dan paha bagian depan.

Gerakannya diawali dengan posisi tubuh lurus menghadap lantai (telungkup), lengan di samping badan dan siku tertekuk. Setelah itu, kencangkan otot perut dan angkat badan dengan bertumpu pada lengan bawah dan jari kaki. Pastikan kepala, punggung, hingga tumit berada dalam satu garis lurus. Tahan posisi ini selama 20-30 detik.

 

Di samping rutin melakukan olahraga dan latihan fisik di atas, kamu juga harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat dan rendah kalori. Buat kamu yang masih bingung pilih cemilan rendah kalori, masih bisa ngemil produk-produknya Diasweet yang bisa kamu dapatkan di Konimex E-Store, Shopee, Tokopedia dan supermarket favorit kamu, ya. Selamat mencoba!

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014