Rekomendasi Olahraga Ringan Saat Sedang Puasa

2021 Apr 27

Siapa  nih yang semenjak puasa jadi males-malesan buat olahraga?

Wajar sih kalau kamu ngerasa males buat olahraga selama berpuasa. Belum apa-apa pasti udah mikir duluan kalau nanti bakalan cepet lapar dan haus. Tapi sebetulnya itu cuma sugesti diri sendiri aja lho. Kamu masih bisa berolahraga saat puasa, asalkan sahur dan berbuka yang teratur, cukup tidur, banyak minum selama sahur, dan tidak menunda waktu berbuka. 

Karena ini bulan puasa, kamu bisa melakukan olahraga ringan agar tetap bisa menjaga kesehatan dan kebugaran. Bahkan kebanyakan dari kita nggak menyadari bahwa melakukan beberapa gerakan olahraga ringan setelah sahur atau menjelang berbuka puasa mampu menyeimbangkan dan menjaga tubuh tetap fit meski berpuasa. Berikut beberapa rekomendasi olahraga ringan yang dapat dilakukan saat berpuasa.

1. Jogging

Jogging merupakan olahraga paling sederhana yang bisa kamu lakukan. Selama berpuasa, kamu bisa jogging dengan intensitas yang ringan. Jogging di pagi hari memungkinkan kamu tidak merasa terlalu lelah, karena masih banyaknya energi yang tersimpan di dalam tubuh setelah makan sahur. Lakukan jogging ringan selama 20-30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh saat sedang berpuasa, namun tetap dengan  intensitas jogging yang ringan demi mencegah terjadinya dehidrasi yang berlebihan ya!

2. Bersepeda

Nah ini khusus kamu yang punya sepeda. Bersepeda juga termasuk jenis olahraga alternatif ringan yang juga bisa dilakukan saat berpuasa. Bersepeda selama berpuasa dapat dilakukan pada pagi hari atau setelah salat subuh. Lakukan aktivitas bersepeda sampai 45 menit per harinya untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Bersepeda selama kurang lebih 45 menit akan membakar sekitar 300 kalori untuk wanita, sementara 350 kalori untuk pria. Lumayan kan tuh.

3. Jalan Cepat

Ada yang sedang menjalankan gerakan 10.000 langkah per hari? Selama berpuasa, jalan cepat bisa jadi  alternatif olahraga ringan lainnya. Kamu bisa melakukan olahraga jalan cepat bersama teman atau keluarga di tempat-tempat dan waktu yang bisa kamu pilih sesuai selera. Jalan cepat yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit akan membantu kamu untuk menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Lakukan olahraga jalan cepat saat menjelang berbuka. Nggak sampai 10.000 langkah juga nggak apa-apa kok, yang penting walau puasa tubuhmu tetap bergerak. 

4. Yoga

Yoga dikhususkan buat kamu yang suka ketenangan. Selain mampu menjaga pikiran tetap rileks, yoga juga menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. Melakukan yoga yang berfokus pada pelatihan teknik pernapasan akan membantu proses ketersediaan oksigen di dalam otak dan membantumu untuk tetap berpikir jernih, merasa tenang sekaligus nyaman selama berpuasa. Tidak ada waktu khusus, yoga dapat dilakukan kapan pun selama berpuasa. Pilihlah lokasi yang tenang dan jauh dari keramaian untuk dapat melakukan yoga yang maksimal.

5. Naik Turun Tangga

Buat kamu yang rumah atau kantornya lebih dari 1 lantai, bisa lakukan olahraga ringan ini lho. Memang terkesan sepele, namun aktivitas naik turun tangga terbukti menjadi jenis olahraga yang mampu dilakukan saat berpuasa. Naik turun tangga selama kurang lebih 10 menit akan membantu menurunkan kalori di dalam tubuh sebesar 178 kalori. Lakukan olahraga ini dengan intensitas normal dan tidak berlebihan.

Nah itu dia rekomendasi jenis olahraga ringan yang dapat kamu lakukan selama menjalankan ibadah puasa Ramadan. Selalu membiasakan diri berpikiran positif supaya rasa malas dan sugesti-sugesti negatif lainnya bisa dihindari. Yang paling penting nih, jangan jadikan puasa sebagai alasan kamu buat nggak bisa berolahraga. Selalu lakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga dan patuhi protokol kesehatan ya. Selamat berpuasa, dan selamat mencoba!

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014