Serat Larut dan Serat Tidak Larut? Ini Bedanya Biar Kamu Tidak Salah Kaprah

2018 Oct 02

Serat merupakan zat gizi yang berperan penting bagi proses pencernaan makanan dalam tubuh kita. Serat sendiri terdiri dari dua jenis, yakni serat larut dan serat tidak larut. Sayangnya, masyarakat kita masih sering menyamakan kedua jenis serat ini, padahal sejatinya mempunyai efek yang berbeda bagi tubuh.

Serat tidak larut merupakan jenis serat yang tidak larut ke dalam air. Serat ini diserap langsung ke aliran darah yang menambah ampas di sistem pencernaan, tanpa melalui proses pemecahan di usus.

Manfaatnya? Serat jenis ini tentu saja sangat baik untuk membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Selain itu, ternyata serat ini juga membantu untuk menghilangkan racun (toksin) dari usus besar, serta membantu mengurangi resiko kanker usus besar karena fungsinya untuk mempertahankan pH (kadar keasaman) dalam usus.

Serat tidak larut ini biasanya dapat ditemukan pada makanan seperti kacang-kacangan alami dan sayuran berwarna hijau tua. Contoh makanan yang memiliki kandungan serat tidak larut yang tinggi ini seperti gandum utuh, jagung, kismis, anggur, dan mentimun.

Lalu, apa itu serat larut?

Berkebalikan dari serat tidak larurt, serat larut merupakan jenis serat yang dapat larut di dalam air. Karena sifatnya dapat menyerap dan menarik air, serat ini biasanya akan membentuk gel untuk memperlambat pencernaan.

Fungsi dari serat ini adalah untuk menunda pengosongan perut. Serat ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu untuk mengendalikan berat badan (diet). Selain itu, serat ini juga dapat membantu untuk mengendalikan diabetes, karena ia dapat memengaruhi kadar gula darah.

Bagi para penderita penyakit jantung, serat larut juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol LDL darah yang mengganggu penyerapan kolestrol makanan.

Kandungan serat larut ini dapat kita temukan dalam makanan berjenis umbi-umbian dan juga buah-buahan. Contohnya seperti sereal gandum, oat, kentang, ubi jalar, pisang, apel, jeruk, serta kacang polong.

Karena manfaatnya yang dapat membantu untuk mengendalikan berat badan, serat larut tentu saja sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Contohnya seperti diet ubi jalar yang sudah lama populer di kalangan artis Korea seperti Seolhyun AOA, IU, dan Suzy.

Meskipun begitu, konsumsi seimbang antara serat larut dan tidak larut tetap diperlukan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Jangan sampai berat sebelah, ya!

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014