Sit-up Biar Six Pack? Ini Faktanya dan 5 Gosip Keliru Soal Olahraga Lainnya

2018 Sep 18

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang penting untuk kita lakukan dengan teratur untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar. Selain untuk mencapai tubuh dan jiwa yang sehat, olahraga pun ternyata juga dapat membantu kita untuk mencapai bentuk tubuh yang ideal.

Namun, untuk mendapatkan proporsi tubuh yang ideal, seringkali kita melakukan hal-hal yang tidak perlu alias mitos. Nah, lho. Menurut situs 1HealthID, ada 5 mitos olahraga yang mungkin sering kamu lakukan untuk mendapatkan tubuh ideal. Penasaran? Yuk, simak artikelnya!

 

  1. Sit-up adalah cara terbaik meratakan perut

Memiliki perut yang rata dan atletis mungkin memang menjadi impian sejumlah orang. Untuk mendapatkan hal tersebut, tak jarang kita dengar mitos yang menyatakan bahwa sit-up merupakan jenis olahraga yang paling bagus untuk membentuk perut yang rata.

Mitos ini ternyata tidak sepenuhnya benar, karena sit-up ternyata lebih berguna banyak untuk menguatkan otot perut, bukan membuatnya rata. Oleh sebab itu, jika kamu ingin memiliki perut yang rata dan atletis, kamu perlu melengkapinya dengan membatasi konsumsi gula. Pilihan makanan juga harus diperhatikan, agar lapisan lemak yang menutupi otot perut tersebut terbakar sempurna.

 

  1. Semakin banyak keringat, semakin banyak lemak terbakar

Anggapan bahwa keringat yang kamu keluarkan ketika berolahraga merupakan bentuk dari lemak yang terbakar ternyata salah. Keringat merupakan bentuk pelepasan cairan pada tubuh. Sehingga banyaknya keringat yang kamu keluarkan tidak dapat dijadikan indikator seberapa besar lemak yang telah terbakar. Faktanya, terlalu banyak mengeluarkan keringat justru dapat membuat kita mengalami dehidrasi.

 

  1. Otot lebih berat dari lemak

Tidak pernah ada istilah otot lebih berat daripada lemak dalam jurnal medis mana pun. Mudah saja, satu kilogram lemak memiliki massa yang sama dengan satu kilogram otot, ‘kan? Sehingga, otot tidak pernah lebih berat daripada lemak. Satu-satunya perbedaan adalah lemak memerlukan ruang yang lebih banyak daripada otot. Orang-orang yang bertubuh atletis itu karena mereka terus melatih otot dan lemaknya sudah terbakar, jadi ototnya tidak lebih berat daripada lemaknya secara tiba-tiba.

 

  1. Tidak pegal-pegal pertanda olahraga kamu kurang berat

Ini juga merupakan mitos lain yang keliru. Pegal-pegal merupakan tanda bahwa tubuhmu sedang melakukan adaptasi dengan olahraga yang kamu lakukan. Sehingga, memburu “pegal-pegal” saat berolahraga merupakan hal tidak baik, bahkan bisa membuatmu cedera.

 

  1. Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk olahraga

Mitos ini tidak sepenuhnya benar. Kapan pun waktu yang dipilih untuk melakukan olahraga sebenarnya tidak menjadi masalah. Mungkin pernyataan ini muncul karena di saat pagi, udara masih terasa segar dan bersih, sehingga akan menyehatkan saluran pernapasan.

Namun, pada dasarnya, kapan pun waktu yang kita pilih untuk melakukan olahraga, tidak menjadi masalah. Bahkan pemain sepakbola pun seringkali bertanding di malam hari, ‘kan? Jika aktivitas itu tidak menyehatkan, tentu akan ada organisasi kesehatan yang melarang. Pada intinya, hal yang terpenting adalah kita selalu meluangkan waktu untuk berolahraga.

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014