Tips Aman Minum Kopi Buat Sobat Asam Lambung

2021 Oct 26

Siapa yang punya maag tapi tetep suka banget minum kopi? Dilematis banget ya. Niatnya biar happy, eh malah asam lambungnya kumat terus. Kasian kan lambungnya kalau luka terus, ya walaupun rasanya nggak sesakit luka hati karena putus sama si doi, yhaaa. Nah, jadi gimana nih tipsnya buat kamu yang coffeeholic, tetep bisa menikmati kopi tanpa harus khawatir asam lambung naik? Beberapa trik ini mungkin bisa kamu coba.

 

Pilih Kopi dengan Kadar Asam Rendah

Ada beberapa jenis kopi yang memiliki kadar asam yang rendah, misalnya kopi arabika. Kopi jenis ini memiliki rasa yang sedikit manis dan lembut. Kandungan kafeinnya hanya sekitar 1,2% dibandingkan kopi robusta yang kafeinnya mencapai 2,2%. Selain itu, tingkat keasaman pada kopi juga dipengaruhi oleh fermentasi, pemanggangan, sampai teknik penyeduhan kopi.

 

Biji kopi yang disangrai akan menghasilkan kopi yang lebih rendah keasamannya dibandingkan dengan kopi yang dipanggang. Untuk teknik penyeduhan kopi, sebaiknya pilih dengan metode cold brew, teknik ini akan menghasilkan konsentrat kopi yang pekat namun memiliki rasa yang lebih manis dan rendah kafein. Tetapi untuk kamu yang lebih suka kopi panas, pilih teknik seduhan dark roast dan fermentasi. Kedua teknik ini memiliki kandungan asam yang rendah sehingga tidak terlalu berisiko meningkatkan asam lambung.

 

Menambahkan Susu

Kamu juga bisa menambahkan susu ke dalam campuran kopi kamu. Dengan menambahkan susu, kandungan kafein dalam kopi menjadi lebih rendah dibandingkan dengan kopi hitam biasa atau espresso. Tetapi untuk pemilihan susunya pun harus lebih diperhatikan ya. Pilihlah susu dengan kandungan rendah lemak (susu skim) agar kalorinya terjaga dan pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap susu sapi. Atau kamu juga bisa memilih susu nabati seperti susu almond dan susu kedelai yang aman bagi penderita maag.

 

Membatasi Porsi

 

Udah tau punya asam lambung, tapi minum kopinya udah kayak minum obat 3x sehari atau bahkan lebih. Ada yang gini? Jangan sampai kamu mengorbankan lambung cuma demi memuaskan dahaga ya, heheh. Ada baiknya untuk pengidap maag, cukup mengonsumsi kopi maksimal sehari 1 cangkir atau gelas kecil. Kalau lebih dari itu, dikhawatirkan akan memicu asam lambung naik sehingga dapat menyebabkan maag kambuh. 

 

Nah itu dia tipsnya untuk kamu yang punya maag tapi tetep pengen ngopi-ngopi cantik. Sebetulnya para pakar kesehatan tetap kurang menganjurkan para pengidap maag untuk meminum kopi. Jadi, konsultasikan juga dengan doktermu perihal makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya kamu konsumsi dan bagaimana mengimbanginya ya.

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014