Tips Hidup Seimbang Buat Kamu yang Suka Begadang

2021 Sep 15

Siapa nih yang sering banget begadang gara-gara lembur atau marathon film? Begadang memang nggak baik bagi kesehatan, tapi saat harus banget begadang perlu ditebus dengan pola hidup yang seimbang.  

 

Nah, jadi gimana sih caranya mempertahankan kualitas tidur buat kamu yang terpaksa harus begadang?

Jangan tidur siang terlalu lama

Salah satu efek yang paling dirasakan setelah begadang pastinya tubuh yang lelah dan mengantuk di siang hari. Tidur siang yang terlalu lama tentunya akan membuat kita sulit untuk tidur tepat waktu di malam hari. Untuk mengatasinya, sebaiknya tidur siang maksimal 20 menit, supaya tubuh kembali segar dan tetap bisa tidur tepat waktu di malam harinya.

Olahraga

Aktivitas fisik yang tinggi di sepanjang hari tentunya akan membuat tubuh lelah di malam harinya. Olahraga biasanya meningkatkan detak jantung dan membuat kita tidur lebih nyenyak di malam hari. Buat kamu yang nggak sempet berolahraga di siang harinya, kamu bisa cobain yoga sebelum tidur. Yoga dipercaya akan membuat kita merasa rileks dan tidur lebih nyenyak.

Hindari makan malam terlalu larut

Kalau lagi begadang, biasanya bawaanya pasti lapar, betul nggak? Makan terlalu malam, bisa menyebabkan berat badan bertambah secara signifikan dan kurang baik juga untuk kesehatan. Kalau memang perut keroncongan di malam hari, mendingan ngemil Diasweet Litebite selain lebih sehat, seratnya bantu kenyang lebih lama. Oh iya, jangan lupa untuk banyak minum air putih juga ya.

Berjemur di bawah sinar matahari

Menurut Health Line, sinar matahari dapat meningkatkan pelepasan hormon serotonin di otak. Hormon ini dapat memicu peningkatan suasana hati dan membantu seseorang merasa lebih tenang dan fokus. Tanpa paparan sinar matahari yang cukup, kadar serotonin akan menurun. Tingkat serotonin yang rendah sering dikaitkan dengan risiko depresi mayor. Maka dari itu supaya tetap terjaga setelah begadang, sebaiknya sempatkan diri untuk sunbathing ya!

 

Nah, itu dia langkah yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap hidup seimbang walaupun harus begadang. Namun sebaiknya, mulai dikurangi tidur terlalu larut kalau nggak penting-penting banget. Marathon film sih boleh-boleh aja, mungkin waktunya bisa dipindah ke weekend siang hari supaya jadwal tidur kamu nggak terganggu. Kalau kamu biasanya begadang karena apa nih, Diasweeters?

 

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014