Tips Menjaga Berat Badan Tetap Stabil Setelah Lebaran

2021 May 14

Siapa yang pas lebaran langsung “kalap” makan ini itu? 

 

Setelah 30 hari lamanya berpuasa, wajar kalau biasanya banyak yang “balas dendam” untuk makan sepuasnya di Hari Raya. Sebenernya akan lebih baik jika kita makan sesuai porsi. Tapi kalau udah terlanjur “kalap”, nggak apa-apa juga sih,  asalkan bisa diimbangi dengan berbagai macam aktivitas supaya berat badan tetap seimbang.

 

Diasweet punya tips nih buat kamu untuk menjaga berat badan tetap ideal pascalebaran. Simak bareng – bareng, yuk!

Olahraga rutin

Olahraga adalah faktor yang paling penting untuk menjaga berat badan tetap stabil. Kalau selama Ramadan jarang berolahraga, setelah lebaran ini sebaiknya kembali dijadikan rutinitas. Nggak perlu yang berat-berat kok, misalnya bisa dengan berjalan kaki minimal 30 menit sehari, bersepeda, atau senam pagi, semua itu sudah cukup untuk membakar kalori di tubuh.

Olahraga di pagi hari, selain bisa membakar lemak, bisa bikin tubuh lebih segar juga, loh. Jadi kamu bisa lebih semangat lagi untuk beraktivitas seharian.

 

Berhenti makan sebelum kenyang

Makanan memang jadi sumber energi bagi tubuh, tapi kalau berlebihan malah tidak baik bagi tubuh. Selain membuat perut menjadi terasa sesak dan sakit, makan berlebih juga membuat kita malas bergerak.

Kalau ingin tubuh senantiasa dalam kondisi seimbang, maka prinsip berhenti makan sebelum kenyang bisa kita terapkan. Karena makan itu bukan untuk menjadi kenyang, melainkan untuk memenuhi seluruh kebutuhan tubuh.

 

Mengunyah secara perlahan

Membangun pola dan kebiasaan makan yang sehat, bisa dimulai dari yang sederhana seperti cara makan. Bukan hanya pilihan makanan yang harus diperhatikan, tetapi cara mengunyah juga jangan sampai terabaikan. Cara yang terbaik yaitu dengan mengunyah makanan secara perlahan. 

Mengunyah makanan secara perlahan mampu mengontrol nafsu makan yang berlebihan. Dengan mengulur waktu saat makan, kamu akan mendapatkan perasaan kenyang yang sama, meskipun makan dengan porsi yang sedikit. Buat kamu yang lagi diet, justru dianjurkan mengunyah secara perlahan. Selain bisa merasa cepat kenyang, kamu pun nggak akan merasakan lapar susulan atau keinginan untuk ngemil.

 

Minum air putih

Tak jarang, setelah lebaran dirumah pasti selalu tersedia minuman yang manis. Padahal dalam minuman manis mengandung kalori yang tinggi. Supaya nutrisinya lebih seimbang, jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih. Selain kalorinya lebih sedikit dan lebih sehat, minum air putih bisa membantu kamu lebih cepat kenyang juga, lho.

Nah, jadi itu dia tips dari Diasweet supaya kamu bisa menjaga berat badan tetap stabil setelah lebaran. Nggak ada yang sulit, kan? Semua bisa dilakukan asalkan ada kemauan. Kira – kira kamu ada tips lain nggak?

 

 

 

 

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014