Weight Loss vs Fat Loss, Mana Jenis Diet yang Cocok Buat Kamu?

2021 May 27

Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, penting banget lho untuk tahu perbedaan antara weight loss dan fat loss, agar nantinya mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang kamu harapkan. Jangan sampai kamu salah diet, bukannya tercapai berat badan ideal, eh malah jadi kurus tak bertenaga.

Jadi apa saja perbedaan antara weight loss dan fat loss? Diasweet sudah merangkumnya nih untuk kamu. Yuk, disimak perbedaannya!

Weight loss vs Fat loss

Weight loss berarti menurunkan jumlah berat pada tubuh kita, mulai dari otot, lemak tubuh, kadar air, dan glikogen secara bersamaan. Sedangkan fat loss adalah penurunan jumlah berat badan dari lemak yang ada di tubuh kita. 

Nah, perbedaannya, weight loss lebih mementingkan turunnya berat badan, tanpa memikirkan sumber penurunan tersebut, apakah dari massa otot, lemak, atau kadar air yang ada di dalam tubuh, sedangkan fat loss lebih mementingkan penurunan dari massa lemak dan peningkatan massa otot dalam tubuh.

Cara mengetahui hasil

Dari dua cara diet tersebut, keduanya memiliki cara yang berbeda dalam mengukur hasil yang telah dilakukan. Weight loss dapat dikatakan lebih mudah untuk diukur, karena hanya memerlukan timbangan berat badan. Setelah ditimbang, hasilnya langsung dapat diketahui, seberapa besar jumlah berat badan yang berhasil kamu turunkan.

Berbanding terbalik dengan fat loss, dilansir dari Times of India, cara mengukur fat loss akan lebih sulit, karena hasil jumlah lemak yang didapatkan belum tentu akurat. Sehingga akan kesulitan untuk mengetahui seberapa besar penurunan lemak yang dihasilkan.

Pilihan Olahraga Sesuai

Karena lebih fokus pada turunnya berat badan, weight loss cenderung bisa dilakukan dengan olahraga yang berfokus pada kardio. Olahraga kardio terkenal ampuh dalam menurunkan berat badan, tetapi yang dibakar bukan hanya lemak, melainkan massa otot juga.

Maka dari itu, pemilihan menu makanan juga mempengaruhi efektivitas olahraga. Fat loss lebih fokus untuk menjaga massa otot dengan cara makan yang benar dan olahraga yang tepat. Dengan cara ini, kita tidak hanya mendapatkan berat badan ideal, tetapi juga bentuk tubuh yang ideal. 

Jika ingin memiliki tubuh sehat–selain mengatur pola hidup dengan lebih aktif bergerak, serta melakukan olahraga yang tepat–kamu juga bisa mengurangi asupan kalori dengan cara mengonsumsi Diasweet sweetener, pemanis yang rendah kalori.

Nah, sekarang sudah tahu kan, bedanya antara weight loss dan fat loss? Jadi, mana nih, yang menurutmu lebih cocok untuk program diet yang akan kamu jalani? Yuk, terus semangat hidup sehat, Diasweeters!

Comment

Konimex adalah salah satu industri farmasi terbesar di Indonesia. Selain memperkuat industri farmasi, Konimex memperluas jaringan bisnis ke beberapa bidang lain yang berkaitan dengan kesehatan, dengan memanfaatkan esensi bahan alami dalam setiap produknya.  Baca Selengkapnya

KONIMEX © Copyright 2014